Ditekuk Jordania, Timnas U-16 Tersingkir

28 Oct

Timnas U-16 menerapkan permainan bertahan untuk mencari hasil imbang.

Timnas Indonesia U-16 (GOAL.com/Ist)

Harapan timnas U-16 untuk mencetak sejarah lolos ke perempat-final AFC U-16 Championship kandas setelah menelan kekalahan 1-0 dari Jordania dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Jar, Taskhent.

Kekalahan ini membuat timnas U-16 hanya menempati posisi ketiga dengan nilai tiga hasil sekali menang dan dua kali kalah. Sedangkan wakil Grup A yang lolos ke perempat-final adalah Uzbekistan dan Jordania.

Uzbekistan yang menggilas Tajikistan 8-1 di Stadion Phaktakor memimpin klasemen akhir dengan nilai tujuh, diikuti Jordania di posisi kedua yang mengumpulkan lima poin.

Timnas U-16 yang membutuhkan hasil imbang dari pertandingan ini menerapkan sistem permainan bertahan. Akibatnya, Jordania bisa dengan leluasan menguasai permainan, dan memberikan tekanan ke jantung pertahanan tim Merah Puith.

Kiper Achmad Rizky Kurniawan tampil cemerlang ketika melakukan penyelamatan untuk mementahkan sundulan Omar Al Hasani pada menit ke-12. Tak lama berselang, Jordania kembali mendapatkan peluang. Namun tandukkan Ehsan Haddad melebar tipis di sisi kanan gawang Achmad.

Timnas U-16 nyaris unggul di menit ke-15. Tapi tendangan bebas Antoni Nugroho berhasil diselamatkan kiper Mohammad Abunabhan, walau sempat mati langkah mengantisipasi bola.

Jordania lalu meningkatkan serangan ke pertahanan timnas U-16. Achmad kembali melakukan penyelamatan gemilang dua menit sebelum babak pertama berakhir. Achmad berhasil memblok bola ketika ia sudah berhadapan satu lawan satu dengan pemain pengganti Abdel Gaith.

Di babak kedua, Jordania tetap mendominasi permainan, sedangkan Indonesia hanya mengandalkan serangan balik. Pelatih Mundari Karya lebih memperkuat pertahanan untuk mendapatkan hasil imbang.

Gawang Achmad akhirnya bobol melalui tandukkan Al Hasani pada menit ke-70. Berawal dari umpan matang Basil Abuhelweh dari sisi kiri, Al Hasani yang tidak mendapatkan pengawalan dengan mudah menanduk bola ke dalam gawang. Skor ini bertahan hingga pertandingan usai.

sumber goal.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: