AS-Korsel Akan Latihan Perang Lagi

2 Dec

Amerika Serikat dan Korea Selatan berencana akan mengadakan latihan perang angkatan laut bersama lagi bulan ini, demikian pernyataan militer Korea Selatan, Rabu, saat kedua negara baru saja mengakhiri latihan perang empat hari di Laut Kuning. Korea Selatan dan Amerika Serikat sedang mendiskusikan untuk mengadakan latihan perang angkatan laut bersama bulan ini atau pada awal tahun 2011, kata Pimpinan Staf Gabungan Korea Selatan.

“Diskusi masih berlangsung tentang kapan dan di mana latihan-latihan akan diselenggarakan dan pada skala apa,” kata juru bicara Pimpinan Staf Gabungan Korsel kepada AFP.

Latihan perang paling terakhir yang ditutup Rabu ini dimaksudkan sebagai unjuk kekuatan setelah rezim komunis garis keras Korea Utara meluncurkan serangan mematikan ke sebuah pulau Korea Selatan pekan lalu. Latihan angkatan laut bersama yang melibatkan kapal induk AS dimulai Minggu setelah serangan artileri Korea Utara ke Pulau Yeonpyeong, Korea Selatan, di dekat perbatasan laut yang tegang.

Dua warga sipil dan dua marinir tewas dalam serangan Korea Utara pada tanggal 23 November itu di dekat perbatasan maritim yang disengketakan, yang beberapa kali telah menjadi tempat bentrokan angkatan laut kedua Korea tersebut selama bertahun-tahun.

 

sumber : kompas

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: