PEMUDA ADVENT DAN BLACKBERRY

2 Dec

Seorang saudara yang tinggal di luar negeri terheran heran ketika datang ke Indonesia mendapati bahwa orang Indonesia tergila gila dengan Blackberry, “heran deh orang Indo, tergila gila amat ama Blackberry.” : ujarnya. Ya tak dapat dipungkiri produk yang aslinya dari Canada ini seakan akan menghipnotis semua orang khususnya orang muda untuk mengganti perangkat Hand Phone dengan jenis yang satu ini, tentunya ada dorongan dan maksud yang berbeda beda : Ada yang hanya sekedar ingin gaya gayaan, Ada pula karna memang kebutuhan pekerjaan, Ada juga yang hanya merasakan gimana sih rasanya pegang blackberry. Pabrikan BB (bukan Bau Badan tapi singkatan dari BlackBerry)sendiri meluncurkan beberapa jenis produk yang bisa disesuaikan dengan motif pemakaian serta kantong dari si pemakai, bagi kawula muda jenis javelin dan gemini sangat mumpuni untuk lifestyle, bagi businessman tersedia Bold, Onyx ataupun Strom yang dapat menunjang pekerjaan.

Apa sih kelebihan dari BlackBerry ? Untuk yang satu ini, banyak yang bisa didaftarkan tapi umumnya orang memakai BlackBerry adalah untuk keperluan Internet dan bisa mobile, artinya akses dimana saja dan tanpa batas, mulai dengan mengaktifkan email, browsing, chatting dengan BBM (bukan bahan bakar minyak tapi Blackberry Messenger) hingga yang paling tren facebookan. Tapi bukan hanya itu saja, Blackberry dapat berfungsi seperti organizer untuk mengatur seluruh jadwal kita, tersedia beberapa aplikasi aplikasi yang intinya dapat menunjang aktivitas kita. Dan satu hal yang penting BlackBerry akan berfungsi dengan maksimal apabila terkoneksi dengan internet, untuk yang satu ini provider provider seperti XL, Telkomsel, 3 dan beberapa yang lain memainkan peran yang tak kalah jitu, kalau menggunakan Telkomsel tawaran menarik terbagi menjadi 3 bagian, sekedar untuk lifestyle dengan materi utama facebook dan chat, atau business dengan materi akses email atau banderol internet tanpa batas dengan balutan harga yang lumayan tinggi, tinggal tergantung kocek kita mau diambil untuk perhari, perminggu atau perbulan. Dan jangan lupa perpanjangannya otomatis tanpa pemberitahuan terlebih dulu.

Sekarang apa kekurangan atau keterbatasan lebih tepatnya dari BB ? Yang pertama mungkin yang paling banyak dikeluhkan adalah Layarnya kecil, browsing tidak seenak di PC or Laptop, kemudian ada juga yang mengeluhkan untuk koneksi Internet selain ada yang tersedia Wifi, harus mengeluarkan kocek lagi ke Provider, juga ada yang belum terbiasa dengan keypadnya akan sedikit membutuhkan penyesuaian. Dan yang terakhir adalah pengguna BlackBerry sering akrab dengan kata “lemot” seiring banyaknya aplikasi yang diaktifkan, memory tidak cukup, lalu lintas internet padat maka terjadilah lemot alias berkurangnya tingkat kecepatan BB.

Pemuda Advent apakah salah memiliki BB ? tentunya tidak, tapi yang perlu untuk di soroti dan disikapi dengan bijak adalah dampak penggunaan BB yang tanpa disadari merobah gaya hidup seorang anak Tuhan, mari kita lihat beberapa situasi dan kondisi yang tercipta dengan penggunaan BB dan beberapa solusinya :

1. BB memang dapat menjadi teman yang baik ketika dalam keadaan menunggu atau antri di suatu tempat, ataupun ketika berjalan di mall atau dimana saja, tapi tak jarang saat ini karna keasyikan main BB, maka orang tersebut tidak lagi mempedulikan dimana dia berada, mulai dari ketawa ketiwi sendiri, hampir nabrak orang karna keasyikan perhatiin BB ataupun memunculkan ekspresi ekspresi yang aneh yang ditampilkan mungkin karna melihat sesuatu di BB, nyatanya ini semua mengundang reaksi orang yang disekitarnya menjadi bingung dan mencibir. So… Kendalikanlah BB dan dirimu ketika berada di kawasan umum terlebih juga ketika berada di Kebaktian Kebaktian Gereja entah itu hari Sabat atau rabu malam ataupun KPA. Bagaimana caranya ? cara yang paling tepat ada tinggalkan Bbmu ketika ke Acara PA atau kebaktian lainnya, tapi ada yang ngomong, takut hilang kalau ditinggal dirumah ( dimana hartamu berada disitu hatimu juga), Okelah klo begitu, jalan tengahnya matikan Bbmu (silent or off) dan kendalikan dirimu supaya tidak pernah menyentuh itu selama kebaktian.

2. Zaman sudah berobah, kata Pendeta zaman dulu mulailah harimu dengan Tuhan dan akhirilah harimu bersama Yesus, berdoa dan baca Alkitab menjadi aktivitas pribadi pertama dan terakhir sepanjang hari. Tapi apa yang terjadi kini ? BB menjadi yang pertama dan yang terakhir.. Yah.. tak jarang banyak pemuda dan pemudi Advent ketika bangun, langsung menarik BB yang ditaruh di sisi tempat tidur, tak jarang ada pemuda yang tertidur dengan BB masih ditangan, Jangan sampai BB mengambil alih Tuhan dalam hidupmu, ini yang di namakan Berhala, buang jauh jauh Bbmu apabila itu sudah merampas waktumu dengan Tuhan.

3. BB dapat menunjang pekerjaan dapat juga menghambat bahkan menghancurkan pekerjaan dan aktivitas harian anda bahkan bisa memerosotkan moralmu, contoh kalau orang muda ke sekolah dan kuliah, sering kali tidak memperhatikan materi kuliah tetapi BB melulu yang jadi pusat perhatian, maklumlah lagi BBM, browsing, cek email, facebookan dll… Jangan pula Download dan saling mengirim video video porno, jangan sampai BB menjadi pusat perhatian utama dari pada yang seharusnya jadi yang utama.

Kesimpulan

1. Kendalikan dan bijaklah menggunakan Bbmu, jangan sampai itu merampas waktumu, aktivitasmu, keluargamu, dan Tuhanmu.

2. Gunakanlah Bbmu tepat sasaran, BB sangat mobile, gunakanlah BB untuk membagikan info info yang penting ke teman temanmu, atau hasil meditasi Alkitabmu tadi pagi kirimkan panjang lebar di groups Bbmu, ataupun bagikan pelajaran pelajaran rohani lainnya, singkatnya gunakan BB untuk menginjil.

3. Download atau isilah Bbmu dengan Alkitab dan Tulisan Roh Nubuat sehingga dimana saja engkau boleh membaca surat cinta Tuhan bagimu

Terakhir bagi yang belum punya BB dan berencana untuk membeli jawab dahulu pertanyaan ini, Untuk Maksud Apa Membeli BB ? jangan membeli BB kalau hanya ingin facebookan supaya bisa gaya gayaan yang akhirnya akan menuntun ke penggunaan BB dalam cara yang salah dan akhirnya jatuh dalam dosa menyembah ilah lain. Firman Tuhan berkata dalam Keluaran 20:3 : “Jangan ada padamu ilah lain dihadapanKu.” Itu berarti juga segala sesuatu yang kita tempatkan melebihi atau diatas Tuhan itu sama dengan ilah lain. Biarlah kita boleh gunakan fasilitas yang ada termasuk BB untuk kemuliaan Tuhan semata mata.

 

sumber : kadnet

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: