Soal Concorde, Continental Bersalah

7 Dec

Bandara Charles de Gaulle, Paris, pada Juli 2000. Sebuah pesawat Concorde milik maskapai penerbangan Continental Airlines meledak sesaat akan lepas landas. Insiden itu menewaskan 113 orang.

Penyelidikan sekaligus persidangan segera digelar. Hasilnya, pengadilan Paris menvonis maskapai itu bersalah secara pidana. Pengadilan pun menjatuhkan denda 200.000 euro atau Rp 2,4 miliar.

Pengadilan juga, sebagaimana warta AP danAFP pada Senin (6/12/2010), memerintahkan Continental membayar satu juta euro kepada Air France, pemilik Concorde yang meledak itu.

Sementara itu, seorang mekanik Continental bernama John Taylor dikenai hukuman percobaan selama 15 bulan dalam persidangan ini.

Continental mengatakan akan banding. Alasannya, putusan tersebut hanya melindungi kepentingan Perancis.

Seorang karyawan Continental lain bernama Stanley Ford dinyatakan tidak bersalah. Begitu pula dengan tiga petugas berkebangsaan Perancis.

Titanium

Dalam putusannya, hakim mengatakan, kecelakaan itu disebabkan oleh sekeping logam titanium yang tertinggal di landasan setelah jatuh dari pesawat Continental. Sebelumnya laporan resmi atas kecelakaan itu sudah menyatakan bahwa logam tersebut menyebabkan kebocoran ban yang kemudian membuat tangki bahan bakar pecah.

Pengadilan mengatakan, John Taylor mestinya tidak menggunakan suku cadang titanium untuk memperbaiki pesawat DC-10 milik Continental. Soalnya, logam itu terlalu berbahaya untuk ban pesawat terbang. Menurut pengadilan, Taylor seharusnya menggunakan aluminium yang lebih lunak.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: